Blogroll

About

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

About Me

Foto Saya
azalika
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Lihat profil lengkapku

Categories

RSS

Pages

Sejarah Milih Smk Telkom Sandhy putra, Malang

Sejarah gue milih SMK Telkom Sandhy Putra, Malang

Awalnya gue tinggal di Bekasi, dari kelas 1 SMP gue bercita-cita jadi dokter dan bener-bener niat banget buat wujud-in mimpi gue.
Pas di kelas 3 gue minta bokap gue, buat cariin smk yang jurusan kedokteran, entah kebidanan, keperawatan, farmasi, kecantikan kulit, dsb. Di Bekasi udah ada sekolah jurusan itu. Dan gue + bokap udah fix sama satu sekolah dengan jurusan farmasi. Ternyata bokap gue di pindah tugaskan di Malang. Gagal-lah gue daftar ke sekolah itu.




Dimalang gue kekeuh minta sekolah dengan jurusan kedokteran. Bokap udah cari-cari sampe keplosok plosok, ternyata di malang belom ada sekolah jurusan kedokteran. Akhirnya bokap cari-cari info ke temen-temen kantornya, dimana sekolah yang bagus di Malang. Ada beberapa temennya bilang "Oh SMK Telkom yang disawojajar itu looh pak bagusss" langsunglah bokap gue check it out. Bokap langsung naksir. Dan di paksalah gue masuk ke sekolah IT. Asal tau aja, gue dari SMP udah gak tertarik sama dunia yang begitu begituan. Make flash disk aja gue gak ngerti, duluuu (1 SMP) kebangetan gak siiih?!

Karena ijazah gue yang terlambat, dan rata-rata pendaftaran di Malang ini udah ditutup dan NEM gue tdk mencukupi. Tersisalah satu satunya pilihan. Smk Telkom Santra ini. Gue dipaksa banting stir sama orang tua gue. Awalnya gue nangis gak mau sekolah di sini. Tapi gue sadar, sikon gak ngedukung. Terpaksalah gue nurut sama bokap. Bokap terus kasih gue motivasi, terus bayang bayangin gue kalo masa depan gue bakal lebih baik. Intinya bokap gue bujuk gue.

Setelah pendaftaran, sekitar 3minggu kemudian diadakan tes akademik. Gue bener-bener gak mempersiapkan apa-apa. Belajar aja nggak. Bener-bener cuma bermodalkan tekad "Gue gak mau nganggur setahun dirumah!!". Pas Tes diadakan, gue baru tau kalo ternyata gue ngelawan kurang lebih 1000 peserta. WOooow!! Mati gue.

Gue ngerjain soal-soal tes dengan biasa aja, cuma sedikit takut (maklum gak niat). Seminggu kemudian diumumin kelulusan, gue dag dig dug, gue takut gak ada nama gue di kertas pengumuman. Ternyata gue LULUS!!!! WOoow bgt.

Lanjut ke test berikutnya, yaitu wawancara, siswa dan orang tua-nya dan kesehatan. Wkt itu yang dateng gue sama bokap gue, setelah dikasih arahan sama pak Hari Budi. Test pun dimulai. Gue sama bokap masuk ke Aula, buat test wawancara.
Waktu itu pak Hari Budi, yang nge-test wawancara gue. Pertanyaan yang sampe sekarang gue inget adalah "Selain di Telkom sini ada sekolah lain gak? Yang jadi cadangan?"
Jelas gue jawab "Ngga pak, gak ada" dengan wajah yang dipaksakan senyum. "Oh berarti kalo gak lulus dari sini, nanti nganggur dong?" Kata beliau. "Iya pak", dalem hati gue "paaaak plisss bgt, terima saya sekolah disini, tolong selamatkan sayaaaaa! Saya gak mau gak sekolah!!"

Seminggu kemudian, diumumin lah siapa aja yang diterima. Ternyata gue di TERIMA!! Thanks a lot God. Seneng bgt gue, gak jadi gak sekolah.

Seperti sekolah pada umumnya, murid baru pasti memasuki masa MOS. Hari pertama MOS gue sih seneng soalnya bakal nemuin hal baru. Dihari pertama MOS gue udah telat. Dan dimasa inilah masa-masa terberat gue. Gue bolak balik pingsan. Bukan karna MOS-nya yang kejam atau kakaknya jahat. Tapi di saat itulah gue di kasih sejuta masalah. Masalah pribadi yang cukup berat buat gue, gue belom punya temen, gue bingung sama keadaan disini (bingung adaptasi), gue kangen temen SMP gue dan capek sama MOS-nya (bayangin aja, bangun jam 5 pulang jam 5, itu juga di kasih tugas, dan sampe jam 12 baru bisa tidur. Selama seminggu) dan gue lagi dapet(beban buat cewe) gue malu bgt sama kejadian selama MOS. Tapi gue mikirnya "Ok, itu adalah warna warni hidup gue, gak mungkin bgt hidup gue putih atau hitam terus, pasti ada warna merah, kuning, hijau-nya. Biar hidup gue gak ngebosenin" dengan mikir gitu gue ngerasa baikan.

Setelah MOS, masuklah gue di hari pertama gue sekolah. Gue BT abis. Soalnya anak-anaknya (maaf) 4L4Y, dan mereka semua ngomong bahasa yang sama sekali gak gue ngerti, bahasa jawa. Makin stress lah gue, makin sering nangis dan pingsan lah gue.

Selama setahun gue adaptasi sama dunia baru gue. Gue kayak orang bego. Dan ngerasa masuk ke dunia (maaf) 4L4Y. Dan itu gak nyaman buat gue. Selama setahun juga, gue berusaha buat jatuh cinta sama dunia ICT. Tapi masih belom bisa. Gue sering ketinggalan pelajaran jauuuuhhhhhh bgt. Gue masih sering ngopy tugas temen. Jujur malu bgt. Gue masih gak ngerti dunia IT. Pelajaran "A" itu kayak apa sihh? Buat apa sihh? Masih gak tau maksud dan tujuan beberapa pelajaran yang asing. Sampelah di penghujung semester II. Gue naik ke kelas 2.

Di kelas 2 gue berharap hari-hari gue bisa lebih baik. Di pertemukan dengan orang yang setidaknya ngerti dunia gue, dan gue ngerti dunia org itu. Doa gue di kabulin, gue di temuin sama 3 org sahabat baru gue Novirina Nelsi Vivi. Mereka setidaknya, merepet ke dunia gue, walaupun gak sama persis. Tapi gue seneng kok. Setidaknya gue punya temen. Hari-hari gue di kelas 2, gue isi ketawaaaaa aja, stress gue setidaknya berkurang. Tapi masalah pelajaran gue tetep belom bisa ngejar. Gue kayak gini karna dimana temen-temen udah adaptasi sama pelajaran baru, gue masih adaptasi sama kondisi baru, temen-temen udah mulai berdiri, gue masih ngerangkak, itu semua karna misi awal gue aja tuh udah beda sama mereka. Jelas bgt kalo gue ketinggalan terusssss.

Pelajaran php, java, asp, apalagi kayak jaringan komunikasi gue paling bego. Gue tuh gak ngerti maksud dan tujuannya, tiba-tiba langsung masuk ke dalem dunia. Ibarat kaya mata lo ditutup pake kain, lo dituntun kesuatu ruangan sama temen lo. Pas didalem ruangan lo buka kainnya dan lo gak tau lo dimana, gak tau apa-apa. Tapi karna lo terjebak mau gak mau lo mempelajari tiap sisi ruangan itu. Lo mulai ngerti seluruh keadaan isi ruangan itu. Tapi sekenal apapun lo sama ruangan itu, lo tetep gak tau, lo di daerah mana, dimana posisi ruangan itu, untuk apa ruangan itu dibangun. Karna lo langsung ditunjukin dalem ruangan itu dan lo gak ruangan itu dari luar. Itulah yang gue rasain. Makanya kenapa gue selalu ketinggalan pelajaran.

Sampe saat ini aja gue masih adaptasi sama dunia baru gue, gue itu susah adaptasi. Makanya gue paling lelet perkembangannya ketimbang temen-temen gue yang lain.

Untuk saat ini, gue udah mulai bisa nerima dunia IT, gue mulai suka sama dunia IT, dan gue tetep berusaha buat jatuh cinta sama dunia IT. Gue gakk nyesel masuk Telkom Santra. Sama sekali gak nyesel. Gue mikir kalo "Apa yang gue dapet sekarang adalah yang terbaik menurut Tuhan buat gue. Mungkin Tuhan mau gue jadi orang yang lebih berusaha lagi." Gue seneng bisa sekolah disini, karna belum tentu kalo gue masuk sekolah yang gue pengen gue ngedapetin apa yang gue dapet sekarang. Gue bangga bisa sekolah disini, walaupun awalnya gue gak suka, tapi sekarang gue mulai suka sama sekolah ini, banyak orang di luar sana yang pengen bgt sekolah di Telkom Santra tapi gak bisa. Jadi, gue yang udah berhasil masuk sini gak boleh sia-sia in semua perjuangan gue dari awal. Gue janji sama diri gue sendiri gue bakalan ngikutin jejak kakak-kakak alumni sekolah gue ini yang udah sukses. Gue mau go Internasional dengan bidang IT. Sampe kamar gue penuh tulisan motivasi. Gue gak peduli kamar gue berantakan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Anonim mengatakan...

hahaha, bagus juga ceritanya. By the way, lo dulunya di bekasi kan? gue minta share SMK jurusan kebidanan di Bekasi dong. Thankyou :)

M. Asrof Bayhaqqi mengatakan...

kk bisa bagi pengalaman tentang soalnya buat tes itu tentang apa aja ?

Kevinwijaya mengatakan...

Sangat memotivasi

Posting Komentar